Apa itu SEO, menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemula yang baru saja belajar membangun blog atau website. Hal ini karena melakukan optimasi SEO dipercaya akan mempermudah blog atau website untuk mendapatkan ranking tinggi pada hasil mesin pencari, seperti Google. Benarkah hal tersebut? Mari kita kupas lebih dalam mengenai apa itu Search engin optimasi dan cara optimasi SEO pada website.
Apa itu SEO ?
Secara sederhana, SEO dapat dijabarkan sebagai taktik atau tindakan untuk mengoptimalkan sebuah blog atau website. Optimasi yang dilakukan memungkinkan mesin pencarian atau search engine untuk menilai apakah blog atau website tersebut layak ditampilkan pada posisi teratas dari hasil pencarian atau justru tidak layak.
Dengan memperoleh ranking tinggi dari mesin pencari, maka potensi trafik organik Kamu pun akan meningkat. Bukan hanya bisa membuat trafik website menjadi tinggi, tapi trafik tersebut juga bisa lebih tepat dan sesuai dengan tujuan website yang Kamu bangun.
Namun, perlu diingat bahwa SEO bukan pekerjaan yang bisa diselesaikan hanya satu kali waktu saja. Lebih dari itu, SEO justru menjadi proses yang tidak memiliki akhir. Artinya, Kamu harus terus menerus melakukan optimasi pada blog atau website.
Untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, maka Kamu wajib memahami dan mempelajari cara kerja dari search engine dalam memberikan peringkat terhadap blog atau website, Dimana penilaian ini didasarkan para persyaratan kualifikasi tertentu.
Kamu juga perlu mengikuti berbagai aturan yang ditetapkan oleh search engine atau mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara optimasi SEO, apa saja indikator utama SEO, serta algoritma Google. Semua itu bisa Kamu pelajari melalui ulasan berikut ini tanpa perlu kursus SEO.
Manfaat SEO
SEO sendiri memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia digital marketing, berikut ini adalah manfaat dari SEO agar anda lebih paham manfaat dari SEO
- Mendatangkan pengunjung website.
- Mendapatkan penjualan dari mesin pencari.
- Investasi jangka panjang.
- Meningkatkan brand awarness.
- Iklan selama 24 jam non stop.
- Menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.
- Mendapatkan penghasilan dari adsense lebih banyak.
- Bisa dipercaya pelanggan.
Cara Kerja SEO
Tujuan SEO adalah untuk mengoptimasi website, sehingga para pengguna internet bisa menemukan apa yang mereka butuhkan dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu. Setidaknya, ada tiga manfaat yang ditawarkan dalam proses optimasi, yaitu memberi informasi yang relevan, mendatangkan lebih banyak trafik organik, serta menjadikan search engine sebagai sumber yang andal. Isi dari artikel apa itu SEO ini akan lebih mendalam, untuk itu siapkan kopi dan camilan ya.
Hasil pencarian mungkin tidak akan muncul saat itu juga. Hal ini karena proses Search engin optimasi tidak sesederhana dan semudah yang dibayangkan. Search engine memiliki tiga tugas utama dalam melakukan pencarian sesuai permintaan, antara lain:
- Crawling
Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website. Halaman satu ke halaman lainnya, serta link satu ke link yang lainnya. Proses ini adalah tahap awal dari proses kerja Search engin optimasi.
- Indexing
Jika sudah mengumpulkan informasi, kemudian web crawler akan menyimpan informasi tersebut pada entry list: index.
- Ranking
Mesin pencari akan menampilkan konten sesuai hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat secara berurutan.
Agar kualitas hasil pencarian bisa terjamin, mesin pencari menggunakan sekumpulan rule dan aturan yang biasa disebut dengan algoritma. Algoritma mesin pencari ini akan memastikan orang-orang yang menggunakan internet bisa mendapatkan informasi yang relevan dari berbagai sumber yang terpercaya.
Cara Menaikan Pengunjung Website Dengan SEO
Indoapps akan rangkumkan cara meningkatkan traffic website dengan SEO paling mudah dan lugas di artikel apa itu SEO ini.
Kamu perlu tahu, website tanpa SEO akan seperti hutan, sepi pengunjung, apalagi jika kamu menjual produk tanpa menggunakan SEO, tentu saja sangat sulit menjual satu produk pun. Untuk sebab itu simak dengan detail artikel ini.
1. Hubungkan website dengan Google analytics
Apakah kamu tahu berapa orang yang sudah mengunjungi website mu dalam seminggu terakhir? jika kamu tidak menghubungkan google analytic di website tentu saja jawabanya tidak tahu.
Oleh sebab itu hal pertama untuk meningkatkan pengunjung website adalah memasang google analytic, jadi kamu bisa mengukur berapa jumlah pengunjung yang datang, bounce rate setiap halaman, berapa sesion user mengakses website, berapa new user yang singgah di artikel.
Jika kamu sudah tahu halaman mana yang memiliki pengunjung, tentu saja kamu bisa mengoptimasi dengan lebih baik kedepanya.
2. Hubungkan Website dengan master tools
Setelah kamu memasang google analytic di website, selanjutnya kamu harus menghubungkan website dengan Goolge webmaster tools, alat ini sangat berguna bagi pemilik website untuk mengetahui bagaimana performa website saat ini, apakah ada error atau apakah ada halaman yang bermasalah dengan Core web vitals atau tidak, untuk mengetahui itu semua, kamu perlu menghubungkan websitemu dengan web master tools.
3. Hubungkan dengan Google My Business
Google My Business adalah alat yang dibuat oleh google untuk memudahkan user mengetahui informasi bisnis mu. Manfaat kan alat ini untuk mendatangkan pengunjung ke webiste, karena google my business ini akan memberikan informasi nama usaha, lokasi usaha, alamat email, jam kerja, nomor telepon , website, foto kantor, dan ada juga review pelanggan.
Oleh sebab itu, segera daftarkan website mu di google my business untuk mendapatkan keuntungan diatas, jika kamu ingin mengoptimasi pencarian lokal, jadi orang disekitar lokasi mu akan sangat mudah mendapatkan informasi website dan bisa jadi akan menjadi pelanggan tetap.
4. Pemilihan kata kunci yang tepat
Saya sudah optimasi SEO nih, tapi kenapa website saya masih sepi ya? ada yang pernah mengalami masalah ini? jika kamu mendapati masalah ini, bisa jadi karena pemilihan kata kunci yang kurang tepat, atau karena kata kunci yang kamu target sedikit pencariannya atau bahkan tidak memiliki volume pencarian sama sekali.
Jika demikian maka kalian harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, lalu riset kata kunci yang bagaimana agar website bisa mendapatkan banyak pengunjung ? berikut tutorial riset kunci paling mudah.
- Riset kata kunci dari pencarian google suggest
Caranya adalah kamu masuk ke google.com, lalu ketikan kata kunci yang kamu inginkan terakhir di tambah spasi. seperti gambar dibawah ini.
kamu bisa menambahkan long tail keyword atau bahasa mudahnya adalah kata kunci panjang, jadi semakin banyak kata kunci yang ada di website kamu, maka semakin banyak pula volume pencarian perbulan.
- Riset kata kunci dengan Google trends
Riset kata kunci selanjutnya adalah dengan membuka google trend, selanjutnya kamu bisa tulis kata kunci disana, jika trend nya naik kamu bisa buat artikel dari kata kunci tersebut.
- Pakai tools berbayar Ahrefs
Para pakar SEO tentu jarang memakai tools/alat gratisan, mereka mau merogoh kocek yang tidak murah untuk membeli alat/tools untuk menungjang kinerjanya. Salah satu alat yang powerfull di dunia SEO adalah Ahrefs, alat ini adalah alat yang paling sering dipakai oleh para praktisi SEO, selain lengkap alat ini juga bisa melihat bagaimana kompetitor kamu bekerja.
Berikut ini adalah contoh riset keyword dengan ahrefs, kamu bisa melihat keyword yang saya cari adalah “riset keyword” dengan volume pencarian perbulan 400 orang. Disana juga ada long tail keyword (kata kunci panjang) antara lain cara riset keyword, riset keyword youtube.
Tapi perlu diketahui, harga berlangganan ahrefs tidaklah murah, mereka mematok langganan perbulan, yaitu sebesar $99 perbulan.
Sekitar 1,4 juta rupiah per bulan untuk bisa melakukan riset. Maka dari itu, pengguna ahrefs biasanya hanya orang-orang yang fokus terhadap jasa SEO.
5. Internal Link yang Kuat
Sudahkan kamu mengetahui internal link? internal link adalah tautan aktif yang mengarah ke situsmu sendiri, jadi di dalam sebuah artikel akan mudah mendapatkan ranking google jika kamu membangun internal link yang bagus dan kuat. Lalu pertanyaan nya, bagaimana cara membangun internal link yang bagus dan kuat?
Pembuatan internal link dalam satu artikel tidak ada batasanya, yang terpenting adalah kontenya relevan dengan isi artikel, dan tautan mengarah sesuai dengan isi dalam konten. Contoh nya seperti gambar berikut ini
6. Buat Kontent yang Berbobot dan Dicari oleh Pengguna
Content is king? atau konten adalah raja. Saat ini masih sangat relevan dengan algoritma google, dimana saat ini pencarian google mengarah pada kecerdasan buatan, dimana konten yang paling bermanfaat dan menjawab semua pertanyaan user akan menduduki peringkat utama google. Lalu masih mau buat konten yang asal-asal an? jawaban nya No!
Lalu konten yang bagaimana yang bagus dimata google, agar bisa posisi 1? jawabanya adalah perbaiki konten kamu, dan perbaiki lagi sampai pengguna menemukan apa yang mereka cari. Contohnya adalah penerapan tag H1, H2 dan H3 yang tepat dan sesuai.
Masih ingat website penulis yang sudah satu tahun tidak di update tetapi masih bisa tetap naik pengunjungnya? Jawabanya, kontenya menjawab semua pertanyaan dan apa yang di inginkan pengguna.
7. Backlink Backlink dan Backlink
Ada loh yang masuk ke artikel ini untuk cari bagaimana cara membuat backlink atau bahasa teknisnya tautan balik, apakah kamu salah satunya? Memang tak bisa di pungkiri, Website tanpa backlink seperti ambulan tanpa sirine, masih bisa jalan sih, tapi lambat.
Ada juga loh yang berkomentar, Website saya kan landing page, tidak ada artikel disana lalu bagaimana saya bisa posisi 1 google?
Nah, jika kamu memiliki permasalahan yang sama, yaitu website hanya sebuah landing page untuk mendapatkan penjualan customer dan ingin mendapatkan posisi terbaik, Backlink adalah jawabanya.
Hal-hal mengenai backlink biasanya akan sangat rahasia, karena itu dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat backlink, meskipun di garis bawahi, kalau backlink bukan segalanya, tapi segalanya yang menghasilkan uang butuh backlink. Cieeehhh wkwkkwwk.
Saya sebagai penulis juga tidak bisa banyak bercerita soal backlink, karena ada banyak jenis backlink yang bisa diterapkan di sebuah website. Jika di bahas bisa sampai 6 SKS, serius.
Inti dari backlink adalah, pakailah backlink white hat untuk SEO jangka panjang. Memang black hat menggiurkan, tapi biasanya pusing di belakang.
Jika kamu ingin mengetahui backlink di website kamu atau kompetitor, kamu bisa baca artikelnya disini, cara cek backlink
Tools SEO Advanced
Berikut tools yang sering dipakai untuk Optimasi SEO
- Ahrefs
Tools ini adalah tools berbayar yang sangat powerfull untuk kalian pakai untuk riset keyword, mengetahui backlink, melihat posisi artikel yang kalian tulis di pencarian google, mengetahui keyword kompetitor, mengetahui backlink kompetitor.
Dengan tools ahrefs ini kalian sudah cukup untuk memantau dan memonitor progress SEO website kalian. Perlu kalian ketahui jika tools ini tidaklah murah, dan harus berbayar setiap bulan.
- Google keyword planner
Tools ini adalah tools gratis yang sudah disediakan oleh google. Dengan tools ini kalian bisa mengetahui keyword dan jumlah volume pencarian.
- SEO Quake
Tools ini adalah plugin di google chrome, kalian bisa menginstalnya disini, dengan SEOquake ini kalian bisa melihat traffic kompetitor dengan gratis dan sangat mudah.
- SimilarWeb
Dengan tools ini kalian bisa melihat Global rank alexa website kompetitor, mengetahui jumlah pengunjung kompetitor, mengetahui bounce rate kompetitor, monthly visit, page per visit dan average session duration kompetitor.
- Keyword everywhere
Dengan tools keyword everywhere ini kalian akan mengetahui jumlah detail volume pencarian kata kunci perbulan. Tools ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sedang melakukan riset kata kunci baru, karena tools ini memberikan juga kata kunci turunan atau LSI keyword.
Cara Menggunakan SEO
Setelah memahami bagaimana cara kerja SEO, Kamu juga perlu tau bagaimana cara optimasi SEO yang tepat. Perlu diingatkan sekali lagi, bahwa proses optimasi SEO tidak bisa dilakukan sekali jalan, melainkan menjadi proses yang tiada henti. Hal ini mengingat bahwa search engine senantiasa melakukan pembaharuan pada algoritmanya guna memberikan hasil pencarian terbaik setiap saat.
SEO terdiri atas dua kategori, yaitu offsite SEO dan onsite SEO. Apa perbedaan di antara keduanya? Berikut penjelasannya:
1. Onsite SEO
Sesuai dengan namanya, onsite SEO artinya mengoptimasi website atau blog dari dalam. Jadi, optimasi kategori ini berkaitan dengan pengaturan dan penyesuaian elemen yang ada pada website. Cara ini akan memudahkan search engine untuk dapat crawl informasi dengan lebih mudah. Contohnya adalah sebagai berikut:
- Alt Text gambar
- Tidak menggunakan keyword stuffing ataupun usaha yang dilakukan untuk memanipulasi urutan peringkat pada mesin pencari Google
- URL dengan format yang baik
- Penggunaan heading yang tepat, yaitu H1,H2, dan seterusnya
Lalu, apa saja yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan onsite SEO? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan agar onsite SEO terotimasi dengan baik.
2. Pencarian Keyword atau Kata Kunci
Pemilihan kata kunci menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Keyword yang dipilih harus tepat, sehingga bisa mendatangkan trafik organik pada konten yang Kamu posting. Keyword sendiri merupakan ide spesifik atau topik yang diketik oleh para pengguna di mesin pencari atau search engine. Jadi, dapat dikatakan bahwa pencarian keyword sangatlah penting.
Pencarian keyword akan membantu kita untuk memahami apa saja kata kunci yang sering digunakan oleh para pengguna internet saat mengakses website di search engine. Pastikan untuk menyisipkan target keyword pada judul artikel, heading, dan isi konten tersebut.
3. Optimasi website
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi website, di antaranya adalah menggunakan struktur website yang baik, membuat konten yang relevan, serta memberikan kemudahan navigasi.
Ketiganya sangatlah penting untuk menaikkan trafik website. Sebuah website memang harus memiliki struktur yang baik, karena akan mengonfirmasi mesin pencari mengenai halaman website yang paling penting.
Selain itu, memberikan konten yang relevan pada website juga sangat menguntungkan, karena akan mendatangkan banyak trafik yang berkualitas. Sementara itu, adanya kemudahan navigasi dalam mengakses website, tentu akan membuat pengunjung website lebih betah berlama-lama berada di situs tersebut.
4. User experience
Setiap pengunjung yang datang ke situs websitemu, tentu harus dilayani dengan baik. Pelayanan yang baik dari pemilik website kepada para pengunjung, tentu akan membuat mereka lebih betah untuk menelusuri website Anda. Bukan hanya mampir sebentar, lalu menutupnya kembali.
Jika mengelola website bisnis, maka jadikan halaman website tersebut layaknya toko online yang profesional. Para pengunjung yang membuka website toko online, tentu ingin tau lebih jauh tentang produk-produk yang Kamu tawarkan. Oleh karena itu, berikan informasi rinci mengenai produk tersebut.
Semua informasi harus disampaikan kepala calon pelanggan. Baik itu manfaat produk, harga, komposisi, pilihan warna atau rasa, tanggal kadaluwarsa, dan informasi terkait produk lainnya. Selain itu, Kamu juga perlu menambahkan gambar-gambar yang relevan untuk lebih menarik hati calon pelanggan.
Untuk memudahkan pengunjung, sebaiknya buatlah kategori produk untuk memudahkan pengunjung dalam melakukan pencarian. Misalnya, toko online yang Kamu bangun adalah menjual produk-produk kecantikan. Maka, Kamu bisa membuat kategori produk-produk kecantikan, seperti kategori skincare, lipstik, parfum, riasan mata, dll. Dengan adanya kategori produk, maka pengunjung akan lebih mudah mencari produk sesuai kebutuhannya, tanpa perlu berlama-lama mencari satu per satu produk.
Jangan lupa juga untuk mengatur tata letak atau layout website. Jangan membuat pengunjung pusing dengan tata letak yang tidak beraturan. Sebagai contoh, letakkan fitur keranjang belanja di pojok kanan atas halaman website. Sehingga, pengunjung akan lebih mudah melihat dan mengakses fitur tersebut. Dengan tata letak yang teratur, maka pengunjung pun akan semakin merasa nyaman.
5. Kecepatan loading
Kecepatan loading website menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan trafik website. Tentu saja, siapa pun pasti akan kesal jika mengunjungi website yang loadingnya lama. Saat halaman website tidak kunjung terbuka, maka pengguna internet biasanya lebih memilih untuk menutupnya. Akibatnya, trafik website pun akan menurun.
Sebaliknya, website yang loadingnya cepat akan lebih disukai oleh pengunjung, karena mereka tidak perlu terlalu lama untuk menunggu halaman website terbuka. Hal ini pun akan membuat website mendapatkan ranking tinggi dari Google. Oleh karena itu, loading website harus memiliki kecepatan yang baik, agar tidak kehilangan banyak pengunjung dan tidak mendapatkan nilai jelek dari Google.
6. Off Page SEO
Dibandingkan dengan onsite SEO, offsite SEO justru tidak begitu teknis. Tapi, bukan berarti bahwa offsite SEO ini tidak begitu penting. Offsite SEO berguna untuk mempromosikan website. Dengan teknik ini, maka orang-orang di luar sana akan mengetahui bahwa website yang Kamu miliki layak sekali untuk dikunjungi. Nah, beberapa cara untuk melakukan offsite SEO adalah sebagai berikut:
7. Content marketing
Saat ini, content marketing menjadi cara yang paling ampuh untuk menaikkan ranking website pada hasil pencarian Google. Jika Kamu menggunakan strategi content marketing yang terstruktur dengan baik, maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Keuntungan tersebut antara lain akan mendatangkan para pengunjung baru, memperbaiki reputasi toko online atau bisnis, mempengaruhi pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, serta hemat biaya promosi,
8. Promosi
Untuk mendapatkan banyak follower atau subscriber, maka website harus diisi dengan konten-konten yang super bagus dan menarik. Namun, meski sudah diisi dengan aneka konten yang menarik, website tetap saja sepi pengunjung. Maka, cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan follower adalah dengan melakukan promosi.
Dengan mengadakan promosi, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi website tersebut. Hal ini karena umumnya orang-orang sangat tertarik dengan hal-hal yang berbau promosi. Selain bisa menarik lebih banyak pengunjung, promosi yang Kamu lakukan juga bisa membuat website lebih unggul daripada milik kompetitor.
9. Public Relation
Untuk membuat bisnis yang Kamu bangun semakin maju dan dikenal oleh banyak orang, maka melakukan public relation menjadi sangat penting. Meski aja sejumlah biaya yang harus dikeluarkan, namun akan sebanding dengan manfaat dan keuntungan yang akan Kamu dapatkan. Beberapa keuntungan menerapkan public relation, di antaranya adalah bisa membangun brand awareness, mengatur otoritas, memberikan informasi tambahan, serta meningkatkan community relationship.
Demikian itulah penjelasan mengenai apa itu SEO dan bagaimana cara optimasi SEO dengan baik. Setelah mempelajari seluk beluk tentang SEO, kini saatnya Kamu untuk menerapkannya. Sekali lagi, ingat bahwa SEO adalah proses yang harus berlangsung secara terus-menerus dan tiada akhir.
Jadi, jangan hanya puas dengan satu kali percobaan saja. Lakukan teknik SEO lainnya agar websitemu mendapatkan ranking yang semakin tinggi dari Google. Tidak ada hasil yang instan dalam melakukan proses SEO. Tapi, Kamu perlu memulainya dari sekarang.
Setelah membuat website, jangan lupa untuk mengisinya dengan konten yang berkualitas. Selain itu, Kamu juga sangat perlu menggunakan cloud hosting yang tepat dan cepat. Sehingga, cloud hosting tersebut bisa selalu diandalkan jika nantinya ada masalah yang harus Kamu hadapi.
Kesimpulan
Jika kamu memiliki website dan ingin mendapatkan pengunjung, kamu harus mengetahui apa itu SEO dan bagaimana cara optimasinya. Semoga artikel ini menjawab semua kegalauan kamu terhadap apa itu SEO.
Sumber :